Anda bangun dengan sakit tenggorokan. Lalu datanglah batuk, bersin, dan sniffling. Tidak dapat disangkal bahwa Anda sakit. Sayangnya, tidak ada obat untuk pilek atau flu. Tetapi Anda dapat menemukan bantuan lebih cepat dengan gerakan cerdas ini.

Bikin santai aja. Ketika Anda sakit, tubuh Anda bekerja keras untuk melawan infeksi itu. Dibutuhkan lebih banyak energi daripada biasanya. Istirahatkan prioritas utama Anda. Tinggal lah di rumah dari kantor atau sekolah, dan pertahankan rutinitas harian Anda sampai Anda merasa lebih baik.

Pergi tidur. Meringkuk di sofa membantu, tetapi tidak begadang menonton TV. Skimping pada tidur membuat sistem kekebalan tubuh Anda lemah, sehingga lebih sulit melawan kuman. Pergi tidur lebih awal, dan tidur siang di siang hari. Apakah gejala Anda membuat Anda terjaga di malam hari? Coba gunakan bantal ekstra untuk mengangkat kepala Anda. Dapat meredakan tekanan sinus dan membantu Anda bernapas lebih mudah.

Minumlah. Mendapatkan banyak cairan akan mengencerkan lendir dan memecah kemacetan. Ini juga mencegah sakit kepala dan kelelahan yang disebabkan oleh dehidrasi. Simpan gelas atau botol yang dapat digunakan kembali, dan isi ulang dengan air. Lewatkan minuman soda, kopi, dan alkohol yang mengandung kafein, yang dapat mengeringkan Anda.

Berkumurlah dengan air asin. Ini cara yang baik untuk menenangkan tenggorokan yang berdenyut. Air asin memudahkan pembengkakan dan mengendurkan lendir. Aduk seperempat hingga setengah sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat sampai larut, dan kumur beberapa kali sehari.

Minum minuman panas. Sangat menyenangkan untuk meringkuk dengan secangkir teh. Plus, penelitian menunjukkan bahwa panas juga dapat meredakan gejala dingin seperti sakit tenggorokan dan kelelahan. Cobalah menghirup teh herbal non-berkafein, air lemon, atau kaldu hangat.

Minumlah sesendok madu. Benda lengket ini bisa melapisi tenggorokan dan menenangkan batuk. Dalam sebuah penelitian, anak-anak yang mengonsumsi sekitar setengah sendok makan madu pada waktu tidur tidur lebih nyenyak dan terbatuk kurang dari mereka yang mendapat obat plasebo. Aduk menjadi secangkir teh tanpa kafein atau air lemon. Satu peringatan: Jangan berikan madu kepada bayi yang lebih muda dari 1 tahun.

Mandi air panas. Menghirup uap dapat melembabkan tenggorokan dan hidung yang gatal, serta melonggarkan kemacetan Anda. Meskipun penelitian itu bercampur aduk apakah obat ini berhasil, tidak ada salahnya mencobanya. Panas juga bisa membantu merilekskan otot yang sakit.

Gunakan obat yang dijual bebas. Anda mungkin menemukan bantuan dengan salah satu dari obat-obatan ini. Bawa mereka sesuai petunjuk, dan jangan berikan kepada anak-anak di bawah usia 6 tahun tanpa dokter anak Anda.

Pereda nyeri untuk demam dan sakit. Dokter biasanya merekomendasikan acetaminophen. Namun, jika Anda mengonsumsi obat dingin lain, periksa bahwa obat tersebut belum memiliki obat. Ini adalah bahan umum dalam banyak obat OTC, tetapi terlalu banyak dapat berbahaya. Jadi periksa labelnya, dan jangan melampaui batas 3.000 miligram per hari.
Lozenges untuk sakit tenggorokan. Mereka memiliki bumbu dan bahan-bahan lain yang dapat menenangkan rasa menyengat.
Dekongestan untuk pengap. Obat ini mengecilkan pembuluh darah di hidung Anda sehingga saluran napas Anda bisa terbuka. Tetapi bentuk cair atau pil dapat membuat Anda merasa gelisah. Menggunakan semprotan dekongestan dan menjatuhkan terlalu banyak dapat menyebabkan lebih banyak kemacetan, jadi jangan menggunakannya selama lebih dari 3 hari.
Ekspektoran terhadap lendir tipis. Ini dapat membantu melonggarkan sebagian dari keputihan itu.
Antihistamine untuk mengeringkan hidung berair. Obat ini memblokir zat kimia di tubuh Anda yang menyebabkan bersin dan terisak.
Mengkonsumsi dekongestan dan antihistamin bersama-sama mungkin lebih bermanfaat daripada mengonsumsi salah satu saja.

Gunakan semprotan salin atau siram. Semprotan air asin yang dijual bebas membuat lubang hidung Anda lembab, yang membuatnya lebih mudah untuk meniup hidung Anda. Anda mungkin juga ingin mencoba irigasi hidung. Saat itulah Anda dengan lembut menuangkan larutan garam ke dalam satu lubang hidung dan membiarkannya mengalir keluar dari lubang lainnya. Ini membersihkan lendir kering sehingga Anda dapat bernapas lebih mudah. Anda dapat membeli bilasan sinus atau menggunakan syringe bola atau neti pot. Jika Anda melakukannya sendiri, selalu buat larutan air asin dengan air mendidih atau didinginkan, direbus.

Makan sup ayam. Ibu benar: makanan pokok hari sakit ini benar-benar dapat membuat Anda merasa lebih baik. Penelitian menunjukkan bahwa sup ayam bisa menenangkan peradangan di tubuh Anda. Ini dapat meredakan beberapa gejala Anda, seperti nyeri dan hidung tersumbat. Terlebih lagi, makanan ini juga memiliki cairan dan kalori untuk memberi energi tubuh Anda.