Li Ka Sing

Pebisnis tua ini punya panggilan Superman, dan tentunya tanpa alasan. Ia salah satu figur paling berpengaruh dan dihormati di Asia dengan segudang pencapaian serta masa lalu yang tidak biasa.

Selama berpuluh-puluh tahun, Li menjadi salah satu  orang paling kaya di Asia, mengendalikan porsi besar bisnis negara Hong Kong baca di undercover.co.id ; menangani arus-arus pelabuhan, membangun banyak kediaman, dan menanamkan investitasi di banyak bidang dari listrik hingga retail.

Perusahaan-perusahaannya tersebar di lebih dari 50 negara dan mempekerjakan 323.000 jiwa. “Tidak bijak bagi pebisnis manapun untuk berpandangan sempit tentang industrinya,” kata Li pada sebuah majalah bisnis.

Pensiun Setelah 68 Tahun

Kehadirannya menjadi legenda bagi kancah global karena atas jasanyalah, beberapa startup teknologi terbaik di dunia bisa berdiri ajeg.

“Rasanya seolah dia (Li) dan timnya cepat sekali tahu ke mana arah dunia ini,” tutur Daniel Ek, pendiri Spotify, pada sebuah wawancara tahun 2012.

Li adalah salah satu investor bagi perusahaan-perusahaan yang mulanya dimulai dari skala kecil, termasuk Spotify dan Facebook.

Namun kini, menurut bisnisumkmonline.com setelah 68 tahun mendirikan Cheung Kong Plastics, Li mengumumkan bahwa dirinya akan pensiun dari posisi chairman CK Hutchison dan CK Asset Holdings mulai Mei tahun ini, beberapa bulan sebelum ulang tahun ke-90 tahunnya bulan Juli nanti

Li Ka Sing

Perjalanan Luar Biasa

Dalam pidatonya yang menyentuh, Li mengungkapkan bahwa bekerja di Cheung Kong Plastics merupakan “perjalanan yang luar biasa”.

“Kalau menilik masa lalu, rasanya seperti sudah melalui perjalanan yang luar biasa,” kata Li dalam pidatonya itu. “Saya merasa diberkahi telah menemukan Cheung Kong Plastics, dan memiliki kesempatan untuk menciptakan value bagi para shareholders dan melayani banyak elemen masyarakat di tempat kami beroperasi.

“Saya benar-benar merasa bersyukur dan tersentuh oleh limpahan kasih sayang yang saya dapatkan sejak kita menjadi perusahaan publik 46 tahun lalu. Selamanya, ini akan membekas di hati saya.”

Kekayaan Li

Pria tua ini adalah peraih penghargaan bergengsi Malcolm S. Forbes Lifetime Achievement Award (per 5 September 2006, Singapura).

Dia terkenal karena gaya hidupnya yang sangat biasa; sepatu hitam sederhana, jam Seiko pasaran. Juga, sumbangannya yang mencapai 2,56 biliun lebih.

Namun, jumlah harta aslinya? 37,7 biliun lebih. Dia adalah orang terkaya ke-23 di seluruh dunia. Julukan Superman dia dapatkan karena jangkauan kekuasaannya yang seperti tidak terbatas; mendanai startup teknologi, pembangunan jalan, retail, kecantikan, layanan finansial, energi tidak/terbarukan, dan lain-lain.