Pernikahan merupakan suatu hal yang di inginkan oleh hampir setiap orang. Memiliki pasangan dalam suka atau duka sepanjang hidup merupakan hal yang sangat dinanti oleh setiap orang. Ada beberapa orang yang menunggu menikah setelah mapan, ada yang menikah menunggu menghabiskan masa muda, dan ada yang menikah menunggu lulus kuliah bahkan lulus SMA.

Semuanya ada pilihan, selama kedua belah pihak sudah siap dan sadar akan pilihan yang akan diambil. Akan tetapi untuk kasus menikah saat umu masih sangat muda-mudanya memang ada dampak positif dan negatif yang menunggu, mengingat usia yang sebenarnya masih mencari jati diri.

Apa saja dampak negatif yang terjadi saat kamu memutuskan menikah di usia muda?

 

Belum Waktunya

Usia remaja itu memang masih dibilang adalah waktu untuk mencari jati diri, mencari pengalaman sebanyak-banyaknya. Saat kamu memutuskan untuk masuk kedalam ikatan pernikahan, tentu kamu tidak akan bisa sebebas saat masih sendiri.

Belum lagi emosi yang masih labil serta pandangan hidup dan pemikiran yang masih gampang berubah-ubah, pernikahan dini pun cenderung berdampak negative terhadap alat reproduksi, mental, dan perubahan fisik.

Kurangnya Pengalaman

Pasangan yang menikah muda memang kebanyakan belum memiliki pengalaman seperti orang dewasa. Terkadang orang dewasa yang sudah memiliki segudang pengalaman saja masih bingung dengan masalah rumah tangganya.

Ada memang beberapa orang yang saat di hadapkan dengan peristiwa yang belum pernah diaalami sebelumnya bisa menangani dengan baik, tapi umumnya kebanyakan orang akan bingung berbuat apa.

Kurangnya Komitmen

Inidia yang menjadi faktor utama kenapa menikah muda itu tidak begitu di rekomendasikan. Terkadang, orang-orang yang ingin terburu-buru menikah ialah karena hanya terbawa perasaan sesaat saja. Biasanya anak muda hanya memandang cinta itu dari enaknya saja, lupa kalau segala hal itu ada positif dan negatifnya.

Jika seandainya di tengah jalan hal ini bisa di tanggapi dengan bijak ya tidak masalah, yang jadi masalah ialah hilangnya semua perasaan dan janji yang di ucapkan di awal. Bukan tanpa alasan kenapa percintaan anak muda itu sering di sebut “ cinta monyet “.

Masalah Finansial

Kalau kamu menikah muda, sudah tentu kamu masih harus bergantung dengan orang lain. Sangat kecil kemungkinannya kamu yang menikah muda memiliki pekerjaan yang mapan, ingat ya kalau dengan kalian memutuskan untuk menikah muda berarti kalian sudah memutuskan untuk bertahan hidup tanpa bantuan orang lain.

Pilihannya ialah hanya dua, kamu memiliki orangtua yang berkecukupan dan kamu tidak perlu memusingkan soal uang atau kalian berdua harus bekerja keras untuk kehidupan yang layak.

Di setiap dampak negatif pasti ada dampak positifnya juga ya. Tidak selalu menikah muda memberikan dampak negatif, pasti ada dampak positifnya juga.