Disadari atau tidak disadari, calon pengantin sering sekali mengeluarkan uang untuk sesuatu hal yang sebenarnya tidak terlalu penting, sehingga menyebabkan estimasi biaya pernikahan jadi melebihi perkiraan. Tidak akan menjadi suatu permasalahan jika uang bukanlah masalah, sehingga pengeluaran yang di keluarkan pun tidak terbatas. Tapi akan berbeda jika keuangan masih menjadi masalah atau kamu tipe orang yang tidak suka menghambur-hamburkan uang.

Sangat wajib untuk mengecek kembali apa saja kebutuhan pernikahan yang memang sangat penting seperti catering pernikahan Jakarta contohnya, penting, dan tidak penting. Selain itu, jangan lupa untuk membuat rincian biaya kemana saja pengeluaran yang sudah di habiskan.

Menurut pengamatan dan pengalaman dari banyak pasangan, terdapat beberapa pos pernikahan yang masih bisa di minimalisir. Apa saja misalnya? Yu simak informasinya :

 

Membedakan Hari atau Tempat

Kadang ada pasangan yang merayakan pernikahanya di tempat yang berbeda. Selain itu, sering juga pasangan yang melangsungkan akad nikah di tempat kediaman wanita, disusul dengan resepsi di tempat yang berbeda bahkan hari yang berbeda. Dengan melangsungkan akad nikah dan resepsi yang berbeda tentunya ini akan memakan biaya tambahan, biaya untuk dekorasi, catering, dan lainnya akan jadi dua kali lipat.

Makanya, untuk meminimalisir budget ada baiknya melangsungkan akad nikah dan resepsi di hari dan tempat yang sama.

Mengundang Band Entertainment atau Penyanyi Terkenal

Penyanyi terkenal memang bisa menjadi magnet untuk menambah nilai prestise saat resepsi pernikahan, para tamu undangan yang datang pun sudah pasti terhibur. Tetapi perlu di ingat mengundang penyanyi terkenal tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Untuk lebih hemat, lebih baik mengundang teman atau kenalan yang memiliki vokal bagus yang tergabung dalam sebuah band.

Mungkin mereka masih minim pengalaman, tapi dengan ini kamu bisa menghemat budget mengingat perbedaan honor yang harus di keluarkan cukup jauh.

Membeli Souvenir yang Terlalu Mahal

Niatnya untuk menyenangkan hati tamu undangan yang datang dengan memberikan souvenir dengan harga yang tinggi. Padahal masih ada kok souvenir yang bagus dengan harga yang terjangkau, yang penting itu bisa bermanfaat untuk di pakai.

Terpaku dengan Undangan yang Unik

Saat ini desain undangan memang sudah semakin berkembang, tapi tidak hanya desain saja materialnya pun tidak lagi bergantung kepada kertas. Saat ini undangan pernikahan pun sudah tersedia dalam material lain seperti akrilik, triplek, kayu dan lain sebagainya. Tetapi di balik itu semua, pasti ada harga yang mahal mengingat material yang di pakainya.

Ini sangat tidak cocok untuk kamu yang ingin menekan budget biaya pernikahan, baiknya hilangkan pikiran untuk pesan undangan pernikahan selain dengan bahan kertas ya.

Karena ada hal lain yang memang harus lebih di perhatikan saat pernikahan, memperhatikan paket pernikahan di Jakarta mana yang mau di pilih itu lebih penting loh.