Apakah motor anda terdapat goresan? Pasti anda menyesal terdapat goresan tersebut yang di karenakan suatu hal, apalagi yang tergores adalah motor kesayangan anda. Jadi anda memerlukan perawatan agar cat motor anda kembali seperti semula.

Cara Menghilangkan Goresan Motor Agar Kinclong
cara menghilangkan goresan pada motor

Pada kesempatan kali ini saya aakan membahas tentang ‘tipa cara menghilangkan goresan motor agar kembali seperti semula dan Kinclong’.

Oleh karena itu anda harus membaca artikel ini sampai selesai agar anda mengetahui cara mengatasinya.

Penyebabnya Goresan
Penyebab dari tergoresnya cat kendaraan disebabkan oleh beberapa hal seperti terkena atau senggolan dengan pengendara lain, terkena benda sekitar dan juga bisa saja karena tangan-tangan yang usil.

Penggunaan kendaraan bermotor roda dua sekarang di indoesia, setiap tahun mengalami peningkatan. Jadi tidak heran motor sekarang banyak terdapat goresan yang mungkin saja akibat kecelakaan.

Perlu kalian tau sebelum anda melakukan tahap untuk cara menghilangkan goresan yang terdapat pada motor kesayangan anda.

Kita kenali dahulu jenis-jenis goresan. Karena dengan kita mengetahahui jenis-jenis goresan maka kita akan mempermudah mengetahui cara mengatasinya yang cocok. Di bawah ini jenis-jenis goresan, diantaranya :

1. Goresan ringan yaitu goresan yang tidak melukai bagian dasar cat, hanya rusak pada bagian warna cat. Karena hanya rusak warna cat jadi tidak merusak susunan cat pada body.

Kalau sedang membersihkan body menggunakan lap kasar, itulah salah satu penyebab tergoresnya warna cat motor anda. Kemungkinan juga terkena gesekan dari benda, itu juga dapat menyebabkan goresan ringan.

2. Goresan sedang yaitu goresan yang lumayan parah karena goresan ini mencapai atau merusak cat dasar motor. Jadi menangani hal ini tentu saja berbeda dengan menangani goresan ringan.
Perlu kalian tau biasanya goresan ini terjadi karena beberapa sebab seperti terkena gesekan ranting pohon atau terkena barang keras dan masih banyak lagi penyebabnya. Maka dari itu usahakan motor anda jauhkan dari benda atau apa yang sekiranya yang dapat menggores body motor anda.

3. Goresan dalam yaitu goresan pada body yang kedalamannya mencapai lapisan dasar dan ini merupakan yang paling gawat, karena memerlukan perawatan yang lebih ekstra. Biasanya ini terjadi karena kecelakaan sepeda motor atau terkena apapun yang lebih parah.

Jadi usahakan gunakan motor anda dengan hati-hati agar tidak menyebabkan kerusakan motor anda dan juga kerusakan tubuh anda.

Kalau goresan yang jenis ini, jika ingin mengatasinya memerlukan ketelitian dan keahlian yang khusus agar mendapat hasil yang memuaskan. Jika anda merasa tidak bisa, serahkan saja pada ahlinya atau tukang cat motor. Usahakan tempat tersebut adalah tempat yang berpengalaman di bidang ini dan juga memiliki pelanggan yang cukup banyak.

Cara Menghilangkan Goresan Motor Agar Kinclong

Nah, setelah kita tadi mengenal beberapa jenis goresan dan semoga anda memahami dan mengerti masalah di atas agar anda mengetahui goresan apa yang terjadi pada motor anda.

Setelah mengerti, sekarang kita waktunya untuk membahas tentang cara menghilangkan goresan motor agar kembali seperti semula dan kinclong, diantaranya :

1. Yang pertama yang harus anda lakukan yaitu mencuci bagian motor anda yang tergores hingga terlihat bersih.
Setelah itu anda bisa melakukan pengamplasan pada bagian tersubut agar rata dahulu.

Gunakan amplas yang halus akan lebih baik dan minimal 2000 adalah ukuran amplas yang dianjurkan untuk pengamplasan body motor.
Jangan lupa untuk merendam dahulu amplasnya.

Lakukan pengamplasan dengan irama yang sama agar hasilnya terlihat rapi. Lakukan terus hinga rata, tapi jangan sampai dalam. Proses ini memerlukan ketrampilan dan hati-hati. Setelah selesai keringkan menggunakan kain yang permukaannya halus.

2. Selanjutnya jika permukaan body sudah rata maka bisa anda berikan kompound halus dan di gosok menggunakan lap yang halus agar bekas amplas tidak terlihat. Berikutnya anda bisa membersihkan lagi sisa kompound tadi hingga bersih.

3. Dan yang ketiga adalah melakukan pemolesan. Poleslah pada bagian yang terkena goresan tadi menggunakan cairan pemoles khusus motor.

Itu bisa anda beli di pasar atau toko otomotif. Cara memolesnya bukan naik turun tetapi memutar agar tidak merusak cat boyd. Cairan tersebut juga bisa menjadikanya kinclong.

4. Yang keempat anda bisa menggunakan tool, yang bernama fix it pro yang dapat menghilangkan goresan motor anda.

Cara penggunaannya cukup menggunakan tool spidol, yaitu dengan menorehkannya pada body yang tergores dan anda lakukan sampai benar-banar tidak ada goresan.

5. Boleh juga anda menggunakan cara ini yaitu dengan memberikannya stikers pada goresan. Tetapi ini hanya untuk menutupinya saja.

Tapi jika motor anda belum ada goresan, boleh di coba untuk menyetikers seluruh body motor anda agar terhindar dari goresan ringan. Selain itu jika stikersnya anda lepas maka body motor anda akan tetap terlihat bagus.

Demikian beberapa ulasan tentang cara menghilangkan goresan motor agar kinclong. Semoga anda dapat mempraktekkan sendiri di rumah.

Ingat anda harus merawat motor anda sebaik-baiknya. Sekian dan terima kasih.