Matahari merupakan pusat dari tata surya yang merupakan sumber energi terbesar yang terdapat di alam semesta. Sinar matahari di pagi hari memang baik untuk kulit karna mengandung vitamin D, selain itu sinar matahari juga baik untuk tumbuhan karna dapat membantu proses fotosintesis.

Di samping manfaat dari sinar matahari, sinar matahari yang bisa di sebut sebagai sinar ultraviolet ini ternyata bisa berdampak negatif untuk kulit. Berada di bawah sinar matahari terlalu lama tanpa menggunakan tabir surya bisa membuat kulit gelap sampai terbakar.

 

Selain itu, ternyata bahaya sinar matahari untuk kulit cukup banyak loh. Berikut penjelasan detailnya.

  1. Membuat Kulit Jadi Gelap dan Terbakar

Seperti yang sudah di jelaskan berada di luar ruangan dan terkena sinar matahari dalam waktu yang lama dapat menjadikan kulit gelap, bahkan terbakar. Meskipun langit dalam kondisi berawan, tetap saja sinar matahari di siang hari bisa membuat kulit gelap. Oleh karena itu, kamu harus menggunakan tabir surya untuk perlindungan dari radiasi sinar ultraviolet.

  1. Meningkatkan Resiko Terkena Kanker Kulit

Pada sinar matahari terdapat sinar UVA dan UVB. Terkena radiasi dari kedua jenis sinar ini bisa membuat kulit beresiko tinggi terkena kanker kulit. Hal ini disebabkan karena tingginya kadar trigliserid. Selain kanker, terkena paparan sinar matahari dalam jumlah waktu yang lama pun bisa membuat tubuh beresiko terkena tumor serta gangguan kulit lainnya. Seperti fotoaging, warna pigmen kulit yang tidak merata, kulit menjadi kasar,  mengalami penuaan dini, kulit menjadi gelap dan kering, dan lainnya.

  1. Mengalami keriput dan kasar

Terkena paparan sinar mata hari secara langsung berturut-turut bisa menyebabkan penuaan dini. Hal ini ditandai dengan berubahnya warna kulit yang menjadi gelap, disertai dengan kulit yang terasa kering dan kasar. Hal ini terjadi akibat dari sinar matahari yang merusak jaringan kolagen di dalam kulit. Jaringan kolagen yang rusak, tidak akan bisa menjaga kulit tetap sehat dan kenyal. Sehingga berangsur angsur kulit mulai kehilangan kelembabannya dan munculah keriput di kulit.

Untuk kamu yang punya masalah dengan kulit berminyak dan berjerawat, sinar matahari juga bisa menyebabkan kadar minyak berlebih pada kulit. Selain itu jerawat juga tidak baik jika harus terkena paparan sinar matahari terlalu sering. Sebaliknya, buat kamu yang punya tipe kulit kering juga harus berhati-hati karena terkena paparan sinar matahari terus menerus dapat menyebabkan timbulnya noda hitam berupa flek hitam.

 

Itulah beberapa bahaya dari sinar matahari yang perlu di ketahui, supaya saat berada di bawah sinar matahari kita tidak lupa menggunakan perlindungan untuk kulit. Seperti memakai sunblock dan tabir surya dari pratista kosmetik.