Asiikk Hyundai Akan Bangun Pabrik di Indonesia

BENTUK JOINT VENTURE, HOKI & HMC AKAN BANGUN PABRIK PERAKITAN HYUNDAI TRUK DAN BUS


PT Hyundai Oto Komer- sial Indonesia (HOKI) dan Hyundai Motor Company (HMC) sudah menandatangani kesepakatan untuk membentuk perusahaan joint venture (JV). Acara penandatanganan itu dilakukan oleh Iki Wibowo yang mewakili perusahaan induk HOKI, PT Artha Mobil Indonesia (AMI), dan Lee In Cheol selaku Vice President Hyundai Motor Company bertempat di Wisma KBRI Seoul, Selasa (12/12/2017). Kesepakatan antara kedua perusahaan itu memuluskan rencana bisnis besar HMC untuk mengembangkan kendaraan komersil jenis truk dan bus di Indonesia.

Line up truk Hyundai Mighty. Truk ini diperkirakan yang akan diusung Hyundai Commercial di pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, 10-20 Agustus 2017 mendatang.

Bahkan kerja sama ini tidak hanya terjalin antar kedua perusahaan itu, tetapi juga menyangkut kerja sama yang baik antar dua negara, Indonesia dan Korea Selatan. Acara penandantanganan kerja sama ini dihadiri oleh Umar Hadi selaku Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan dan Triawan Munaf, Kepala Badan Ekonomi Kreatif, yang sekaligus sebagai Penghubung Kerja Sama Investasi Korea Selatan-Indonesia. AMI dan HMC sepakat untuk membangun pabrik perakitan Hyundai Truk dan Bus. Pabrik ini akan dibangun di kawasan Artha Industrial Hill (AIH), Karawang, Jawa Barat. Fasilitas yang akan dibangun terdiri dari gedung perakitan, kontrol kualitas dan lintasan uji. “AIH merupakan tempat yang sangat tepat karena sangat strategis dan memiliki fasilitas infrastruktur yang baik,” kata Iki Wibowo. Iki menambahkan, pada tahap awal, pabrik perakitan Truk dan Bus merek Hyundai ini akan memproduksi Truk XCIENT dan ALL New MIGHTY sebanyak 2.000 unit per tahun, dan diperkirakan dapat menyerap sekitar 500 tenaga kerja. HMC merupakan industri otomotif terbesar ke-5 di dunia.

 

Hyundai sendiri merupakan perusahaan otomotif asal korea selatan yang bisa di bilang cukup sukses. Meskipun di lini penjualan bus dan trus nama hyundai kurang begitu terkenal. Namun dengan dibangunnya pabrik di Indonesia, diharapkan Hyundai mampu menelurkan produk yang berkualitas dengan harga kompetitif